Wadah Menulis Mahasiswa

Seberapa Perlukah Kartu Kredit ?

April 27th, 2012 | by | in Gaya Hidup, Headline | No Comments

Di era yang serba modern ini semua menggunakan elektronik sebagai bahan acuannya, seperti pembayaran menggunakan elektronik device. Bagi sebagian orang membayar secara kontan masih nyaman menurut mereka, mereka tidak harus membayar beberapa tagihan yang dikarenakan penggunaan kartu kredit yang mereka pakai.Untuk itu diperlukan kejelian dalam kepemilikan kartu kredit.

sumber gambar: www.bi.go.id

Banyak sekali vendor yang menawarkan berbagai macam kartu kredit, dengan dalih kartu kredit mereka yang lebih baik dari yang lain.Dengan berbagai cara mereka tawarkan, untuk meminat hati kita agar mereka memilih kartu yang mereka jajakan. Berbagai fasilitas mereka sebutkan agar para konsumen tertarik seperti bunga yang rendah, tidak ada denda kalau kita terlambat dalam membayar tagihan, member get member, free annual fee, gratis asuransi kecelakaan diri, atau bonus point reward ataupun hadiah langsung setiap kali anda mengajukan aplikasi pembuatan kartu kredit.

Pemilihan kartu kredit seyogyanya sesuai dengan kemampuan keuangan kita, janganlah memaksakan memilih plafon berhutang dengan limit yang melebihi gaji anda karena akan membuat anda terjerat hutang ketika anda tidak mampu membayar tagihan tersebut.Karena saat ini begitu mudah nya pembuatan sebuah kartu kredit. Anda hanya perlu melampirkan fotokopi KTP anda, Dalam 1 jam kartu kredit anda sudah jadi.

Hindari memiliki banyak kartu kredit karena memiliki kartu kredit banyak bukan merupakan kebanggaan, inilah yang salah dari persepsi banyak orang. Banyak kartu kredit merupakan hutang yang banyak juga kalau kita tidak tepat waktu dalam hal pembayaran. Berikut ini ada tips untuk memilih kartu kredit. Pilihlah kartu kredit sesuai dengan kebutuhan anda bukan keinginan anda. Jangan tergiur dengan hadiah-hadiah yang ditawarkan, sesuikan dengan penghasilan anda. Pilihlah penerbit kartu kredit dari bank yang terpercaya, tetapi bank yang besar pun belum tentu memberikan bunga yang kecil ataupun iuran bulanan atau tahunan yang rendah.Jika anda diberikan pilihan system pembayaran pilihlah system pembayaran yang full payment karena anda tidak perlu membayar bunga tambahan tidak seperti system minimum payment. Usahakan hutang kita lunas sebelum jatuh tempo pembayaran.

Kesimpulan yang bisa diambil penulis mengenai kartu kredit, pergunakan lah kartu kredit untuk hal hal yang memang memerlukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Jangan membeli baju ataupun kebutuhan sehari hari dengan menggunakan kartu kredit karena akan membuat hutang kita bertambah banyak. Penggunaan kartu kredit membawa dampak pada gaya hidup kita sehari hari yang bersifat konsumtif, karena kartu kredit memberikan kemudahan dalam hal pembayaran. Ingat setiap transaksi kartu kredit adalah hutang yang harus dibayar.

Ditulis Oleh

Bagus Nugroho → 40MMSI1

Lihat semua tulisan dari

Leave a Reply