Wadah Menulis Mahasiswa

BELAJAR NILAI TUKAR

April 29th, 2012 | by | in Catatan Kuliah | 1 Comments

Nilai tukar mengambang merupakan salah satu nilai tukar yang nilainya ditetapkan oleh kekuatan pasar dan memiliki dua kondisi yaitu apresiasi jika mengalami keuntungan atau kenaikan nilai mata uang dan depresiasi jika mengalami kerugian atau penurunan nilai mata uang.
Mengatur Keseimbangan Nilai Tukar Spot Rate
Kurs merupakan harga dari mata uang suatu negara dalam hal mata uang negara lain dan sering disebut mata uang referensi. Spot Rate adalah kurs valas yang berlakunya untuk penyerahan 1-2 hari, tergantung jenis valasnya. Sedangkan Forward Rate adalah kurs yang ditetapkan sekarang atau pada saat ini, tetapi diberlakukan untuk waktu yang akan datang (future period) antara 2×24 jam lebih sampai dengan 1 tahun atau 12 bulan. Keseimbangan nilai tukar dimana permintaan untuk mata uang adalah sama dengan penawaran mata uang dalam perekonomian.
Permintaan suatu mata uang asing seperti dolar AS atau euro, mempunyai ciri-ciri semakin tinggi harga mata uang asing, semakin sedikit permintaan atas mata uang asing tersebut dan sebaliknya. Penawaran mata uang asing dilakukan oleh penduduk suatu negara yang ingin membeli barang, jasa, dan aset keuangan di negara tersebut. Semakin tinggi harga mata uang asing, semakin banyak penawaran mata uang asing tersebut dan sebaliknya. Sehingga negara X akan membutuhkan mata uang negara Y untuk membayar pembelian tersebut.
Faktor-faktor yang mempengaruhi keseimbangan nilai tukar adalah:
• Tingkat Inflasi
Tingkat inflasi yang lebih tinggi di negara X daripada di negara Y akan memimpin depresiasi mata uang negara X terhadap mata uang negara Y, atau sebaliknya.
• Suku Bunga
Kenaikan suku bunga X terhadap suku bunga Y, akan menyebabkan investor di kedua negara untuk beralih dari mata uang Y untuk surat berharga berdenominasi mata uang X untuk mengambil keuntungan dari tingkat X lebih tinggi mata uang.
• Tingkat Pertumbuhan Ekonomi
Negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang kuat akan menarik modal investasi untuk memperoleh aset domestik, sehingga meningkatkan permintaan mata uang domestik.
• Risiko Politik dan Ekonomi
Investor lebih memilih untuk menyimpan dengan jumlah yang lebih kecil untuk aset berisiko, sehingga memiliki risiko lebih rendah dan lebih stabil secara politik ekonomi suatu negara dibandingkan menyimpan dengan jumlah yang lebih banyak untuk aset berisiko.
Ekspektasi dan Model Pasar Aset pada Nilai Tukar
Peran ekspektasi dalam menentukan nilai tukar tergantung pada kenyataan bahwa mata uang adalah aset dan nilai tukar hanya harga relatif dari aset keuangan pada mata uang negara lain. Keinginan untuk memperoleh mata uang sangat bergantung pada faktor ekspektasi yang dapat mempengaruhi nilai mata uang di masa depan. Sifat nilai uang tergantung pada daya beli.
Reputasi Bank Sentral dan Nilai Mata Uang:
• Stabilitas Harga dan Independensi Bank Sentral
Dengan independensi, bank sentral dapat dipercaya berkomitmen untuk menetapkan inflasi, kebijakan moneter dan menaatinya.
• Currency Boards
Currency Boards System suatu badan yang dibentuk untuk mengatur sistem nilai tukar suatu mata uang terhadap mata uang lainnya. Sistem ini berbasis pada jumlah cadangan devisa yang dimiliki oleh suatu negara.
• Dolarisasi
Menyediakan stabilitas harga, tetapi tidak menggantikan kebijakan ekonomi yang sehat.
• Harapan dan Nilai Mata Uang
Pergeseran kepercayaan dari nilai mata uang yang dimiliki sekarang dapat berubah dengan mengubah nilai yang diharapkan di masa depan. Tingkat suku bunga juga dipengaruhi oleh tingkat kepercayaan nilai mata uang di masa depan.
Dasar-dasar Intervensi Bank Sentral
• Intervensi Pasar Valuta Asing. Pada umumnya pemerintah akan tergoda untuk campur tangan dalam pasar valuta asing untuk mengubah nilai mata uang dengan tujuan yang dikehendaki.
• Mekanika Intervensi. Mekanika bervariasi, tetapi pada dasarnya tujuannya sama, untuk meningkatkan permintaan pasar untuk satu mata uang dengan meningkatkan pasokan mata uang di pasar lainnya.
• Intervensi tidak steril versus intervensi disterilkan. Tidak steril: otoritas moneter tidak mengisolasi pasokan mata uang domestik dari transaksi valuta asing.
• Dampak Intervensi Pasar Valuta Asing. Intervensi disterilkan dapat mempengaruhi nilai tukar dengan menyampaikan informasi atau dengan mengubah ekspektasi pasar. Hal ini dilakukan dengan mengirim sinyal perubahan kebijakan moneter pada pasar. Intervensi yang tidak steril dapat memiliki efek yang berlangsung pada nilai tukar, dengan menciptakan inflasi di beberapa negara dan deflasi pada orang lain.
Pendekatan Ekuilibrium untuk Nilai Tukar
Nilai tukar riil adalah harga barang domestik dibandingkan barang luar negeri. Perubahan kurs nominal, berdampak terhadap nilai tukar riil, dapat membantu atau menghancurkan perusahaan dan ekonomi.
Teori Disekuilibrium dan Nilai Tukar overshooting.
Menurut pandangan ini, gesekan dalam ekonomi menyebabkan harga barang menyesuaikan diri secara perlahan, sedangkan nilai tukar nominal menyesuaikan diri dengan cepat dalam menanggapi informasi baru atau perubahan ekspektasi.
• Bank sentral memperluas pasokan uang domestik.
• Ekspansi moneter menekan suku bunga domestik.
• Modal mulai mengalir keluar dari negara itu karena suku bunga domestik yang lebih rendah, menyebabkan depresiasi sesaat dan kelebihan mata uang domestik.
Teori Equilibrium dari Nilai Tukar dan Implikasinya.
Dasar untuk pendekatan ekuilibrium adalah bahwa pasar penawaran dan permintaan disamakan melalui penyesuaian harga. Implikasinya adalah:
• Currency Exchange tidak menyebabkan perubahan harga, tetapi merupakan bagian dari proses yang terjadi dalam Equilibrium.
• Upaya pemerintah untuk mempengaruhi nilai tukar riil melalui intervensi pasar valuta asing akan gagal.
• Tidak ada hubungan yang sederhana antara perubahan nilai tukar dan perubahan persaingan internasional, pemberdayaan pekerja, atau keseimbangan dalam perdagangan.
REFERENSI
Alan C. Shapio. Multinational Financial Management.

Ditulis Oleh

→ 39PB1

Lihat semua tulisan dari

One Response to “BELAJAR NILAI TUKAR”

  1. Semoga blog ini bermanfaat bagi semua orang. Terimakaih yah.

Leave a Reply