Wadah Menulis Mahasiswa

Ekonomi Internasional dan Kaitan Neraca Pembayaran

April 29th, 2012 | by | in Catatan Kuliah | No Comments

Kategori Neraca Pembayaran.
Adalah suatu pernyataan akuntansi yang merangkum semua transaksi ekonomi suatu penduduk dari negara asal dengan penduduk dari negara lain. Ada tiga kategori saldo pokok pembayaran:
• Current Account
Merespon impor dan ekspor barang, jasa, pendapatan, dan transfer unilateral saat ini.
• Capital Account
Termasuk penghilangan hutang serta transfer barang dan aset keuangan oleh penduduk saat mereka memasuki atau meninggalkan suatu negara.
• Financial Account
Menunjukkan investasi publik dan swasta dan kegiatan peminjaman. Pencatatan arus masuk dan arus keluar modal.
Ukuran Neraca Pembayaran
Saldo dasar berfokus pada transaksi yang dianggap mendasar bagi kesehatan ekonomi dari suatu mata uang.
• Likuiditas saldo bersih mengukur perubahan pinjaman domestik pribadi atau peminjaman yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan pembayaran tanpa harus menyesuaikan dengan official reserves.
• Neraca transaksi official reserves berguna untuk mengukur penyesuaian yang diperlukan dalam official reserves untuk mencapai keseimbangan pembayaran.
Arus Internasional Barang, Jasa, dan Modal
Kerangka kerja ini terdiri dari satu set identitas akuntansi ekonomi makro yang menghubungkan pengeluaran domestik dan produksi untuk simpanan, konsumsi, dan perilaku investasi, ke financial-account dan current-account balance. Dengan memanipulasi persamaan ini, kita dapat mengidentifikasi hubungan antara AS dan ekonomi dunia dan menilai efeknya pada perekonomian domestik dengan kebijakan ekonomi internasional, dan sebaliknya.
Simpanan Domestik dan Investasi dan Finansial-Account.
Sebuah negara yang memproduksi lebih banyak daripada pengeluarannya akan menghemat lebih banyak dari yang diinvestasikan di dalam negeri dan akan memiliki arus modal keluar bersih. Arus modal ini akan muncul sebagai defisit financial-account. Sebaliknya, sebuah negara yang memiliki pengeluaran lebih daripada yang diproduksi, akan berinvestasi di dalam negeri lebih banyak daripada yang disimpan, dan akan memiliki net-capital inflow bersih. Capital inflow ini akan muncul sebagai surplus financial-account.
Hubungan Antara Giro dan Keuangan.
Karena defisit current-account dibiayai oleh arus masuk modal, efek kumulatif dari defisit ini adalah untuk meningkatkan foreign-klaim bersih terhadap negara yang defisit dan mengurangi kekayaan bersih internasional negara tersebut.
Defisit Anggaran Pemerintah dan Defisit Current-Account.
Secara umum, defisit current-account merupakan keputusan untuk mengkonsumsi, baik yang bersifat umum atau pribadi, dan untuk berinvestasi lebih banyak daripada yang diproduksi oleh negara tersebut. Dengan demikian, langkah yang diambil untuk memperbaiki defisit current account dapat efektif hanya jika mereka juga mengubah simpanan pihak swasta, investasi swasta, dan atau defisit dari pemerintah. Situasi saat ini suatu negara yang memiliki current-account bergerak ke arah defisit umumnya mengalami apresiasi dan peningkatan substansial dalam kekayaan negara, sedangkan negara-negara yang ekonominya telah tumbuh perlahan-lahan meskipun suku bunga yang sangat rendah tidak demikian.
Mengatasi Defisit Current-Account
Defisit perdagangan tidak akan menyebabkan depresiasi mata uang, begitu juga depresiasi mata uang tidak dengan sendirinya membantu mengurangi defisit perdagangan: Kedua perubahan nilai tukar dan saldo perdagangan ditentukan lebih banyak oleh faktor ekonomi dasar.
• Lagged Effect
Waktu yang diperlukan untuk perubahan nilai tukar untuk mempengaruhi perdagangan.
• Teori J-Curve
Defisit perdagangan suatu negara akan memburuk setelah mata uangnya terdepresiasi karena efek harga akan mendominasi efek pada volume impor. Artinya, biaya yang lebih tinggi dari impor akan diimbangi dengan pengurangan volume impor. Dengan demikian, J-Curve mengatakan bahwa penurunan nilai dolar harus diikuti dengan memburuknya defisit perdagangan.
• Devaluasi dan Influation
Mendevaluasi untuk mendapatkan daya saing perdagangan juga dapat merugikan diri sendiri karena mata uang lemah cenderung menghasilkan inflasi domestik yang lebih tinggi, mengimbangi manfaat dari devaluasi. Pengenaan tarif, kuota, dan bentuk lain dari pengekangan terhadap impor asing. Tarif pada dasarnya adalah pajak yang dikenakan pada produk asing yang dijual di suatu negara.
Mengakhiri Kepemilikan Asing Aset Domestik
Salah satu pendekatan yang akan menghilangkan defisit current account adalah dengan melarang pihak asing memiliki aset domestik. Jika pihak asing tidak bisa mengklaim di suatu negara, mereka akan mengekspor dengan jumlah yang sama hanya untuk yang bersedia mereka impor, dan akan mengakhiri arus modal masuk bersih.
Meningkatkan Tingkat Suku bunga Tabungan
Kita telah melihat bahwa tingkat tabungan rendah cenderung menyebabkan defisit current account. Jadi, cara lain untuk mengurangi defisit current account adalah dengan merangsang perilaku untuk menyimpan dana. Dalam perekonomian dunia yang terintegrasi, semua hal terhubung dengan hal lainnya, politisi tidak bisa bermain-main dengan satu parameter saja tanpa mempengaruhi seluruh sistem.
Kebijakan Eksternal
Beberapa alasan utama defisit current account cenderung dari eksternal suatu negara, menyiratkan bahwa perubahan kebijakan domestik murni tidak mungkin untuk menghilangkan masalah ini.
Defisit Current-Account dan Pengangguran
Satu alasan untuk mencoba menghilangkan defisit current-account adalah bahwa defisit tersebut menyebabkan pengangguran.
REFERENSI
Alan C. Shapio. Multinational Financial Management.

Ditulis Oleh

→ 39PB1

Lihat semua tulisan dari

Leave a Reply