Wadah Menulis Mahasiswa

Metode Kesehatan Bank: CAMELS “Old Generation Versus RGEC “New Generation”

April 29th, 2012 | by | in Berita | 5 Comments

CAMELS adalah metode kesehatan bank yang sudah sangat familiar dan banyak digunakan untuk bahan penelitian maupun penulisan, tentunya bukan hal yang aneh lagi, namun metode penilaian kesehatan bank dengan metode ini sudah bisa dibilang “Old Generation”, kenapa? Karena saat ini sudah dikenal metode penilaian kesehatan bank RGEC yang merupakan “New Generation” yang mulai disosialisasikan tahun 2011-2012 dan sudah saatnya kita melirik, mendalami apa itu RGEC, serta mengetahui kenapa harus beralih ke RGEC.
Secara singkat CAMELS merupakan aspek yang berpengaruh terhadap kondisi keuangan suatu bank terutama pola kesehatan bank. Metode CAMELS mencakup komponen-komponen CAPITAL yang merupakan rasio untuk mengukur kecukupan modal, ASSETS yang merupakan rasio untuk aktiva produktif, MANAGEMENT yang merupakan rasio untuk mengukur kualitas manajemen, EARNING yang merupakan rasio untuk mengukur rentabilitas bank atau kemampuan bank memperoleh laba, LIQUIDITY yang merupakan rasio untuk mengukur likuiditas suatu bank atau kemampuan bank untuk membayar kewajiban jangka pendek, dan yang terakhir SENSITIVITY TO MARKET RISK yang merupakan rasio untuk mengukur kepekaan terhadap resiko pasar.
Beralihnya CAMELS ke RGEC sebagai penilaian kesehatan bank yang baru tentunya ditopang oleh Basel II untuk menciptakan pendekatan lebih menyeluruh dalam mengantisipasi risiko dengan berpedoman Risk Profile dan adanya PBI Peraturan Bank Indonesia yang terbaru nomor 13/1/PBI/2011. RGEC mencakup komponen-komponen RISK PROFILE untuk menilai risiko (kredit yang terdiri dari 15 rasio dengan peringkat atau bobot yang telah ditetapkan Bank Indonesia, pasar yang terdiri dari 17 rasio, likuiditas, operasional, hukum, strategi, kepatuhan, dan reputasi), GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNING, dan CAPITAL. Beberapa rasio yang ada dalam komponen CAMELS melebur ke dalam RGEC bahkan ada yang masih tetap digunakan deperti komponen Earning dan Capital. Kelemahan dari metode kesehatan ini belum memasukkannya Customer Social Responsibility atau yang lebih dikenal dengan CSR dimana untuk menilai pemberdayaan kontribusi terhadap masyarakat.

Ditulis Oleh

→ 39PB1

Lihat semua tulisan dari

5 Responses to “Metode Kesehatan Bank: CAMELS “Old Generation Versus RGEC “New Generation””

  1. Graha Pasca says:

    Info tambahan ttg “Old and New” bisa dilihat juga di link berikut:
    http://pena.gunadarma.ac.id/perbandingan-tatacara-penilaian-tingkat-kesehatan-bank/

    Mungkin bisa dikembangkan lagi dengan contoh2 rasio yang bisa diketahui publik, walau sebagian besar data untuk penilaian kesehatan bank tidak mudah didapat karena aspek kerahasiaan :)

    • Dina Ekasari says:

      wah,terima kasih masukannya dan link-nya… akan saya revisi lagi materi tersebut… ^_^

  2. novita says:

    trima kasih artikelnya sangat menambah wawasan mengenai tingkat kesehatan bank. sy mau nanya,, jika sy mengambil materi camel vs rgec untuk penulisan skripsi sy,, kira” saya lebih baik meneliti mengenai apanya bu? misalnya penerapannya atau perbandingan? trimakasih. dan ditungu masukannya bu.

  3. Abd. Rohim says:

    infonya sangat membantu bapak. terima kasih

  4. Rivaldhi says:

    Untuk kelemahaannya itu sumbernya dari mana yah ?
    Thanks

Leave a Reply