Wadah Menulis Mahasiswa

Sustainable Reporting

May 3rd, 2012 | by | in Green, Headline | 2 Comments
Foto by Anwar Jayaningrat

Foto by Anwar Jayaningrat

Di Indonesia masih sedikit sekali yang sudah menerapkan Sustainable Reporting atau laporan berkelanjutan sebagai pendamping laporan keuangan.  Diantaranya yang sudah menerapkan dan menyusun laporan berkelanjutan diantaranya, PT. Astra International, PT. Aneka Tambang, PT. Bukit Asam, PT. Unilever, PT. Pembangunan Jaya, PT. Telkom.

Mengapa sangat lamban sekali untuk penerapan laporan berkelanjutan ini ? dikarenakan belum adanya standar laporan yang diterima secara umum, meskipun di luar negeri sudah ada pedoman penyusunan laporan berkelanjutan yang dikeluarkan oleh Global Reporting Initiative (GRI) sebuah organisasi nirlaba yang mempromosikan keberlanjutan ekonomi, kinerja lingkungan, sosial dan pemerintahan.

Laporan berkelanjutan (Sustainable Reporting) merupakan pengungkapan dari tiga aspek kerja, yakni lingkungan, sosial dan ekonomi. Bahkan di Negara Jepang, Perancis, dan Belanda, pemerintahnya sudah mewajibkan perusahaan mengeluarkan laporan berkelanjutan, khususnya perusahaan public dan perusahaan yang dinilai punya kegiatan berdampak besar bagi lingkungan. Penyusunan laporan berkelanjutan penting karena dimasa datang , investor dan pembeli produk, terutama Eropa dan Amerika, meminta kelengkapan dokumen yang berpihak  pada kelestarian lingkungan dan sumberdaya alam.

Laporan berkelanjutan (Sustainable Reporting) perusahaan memasukkan unsur-unsur transparansi dan akuntabilitas  melalui implementasi pelaksanaan aktifitas perusahaan yang melibatkan 3 unsur, yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan. Penyusunan laporan ini akan menjadi keharusan dan akan meningkatkan performance dari perusahaan sehingga akan meningkatkan pendapatan perusahaan dalam jangka panjang, Selain itu, penyusunan laporan berkelanjutan akan menjadi sebuah panduan penilaian kinerja perusahaan.

Beberapa prinsip dalam mendefinisikan isi laporan berdasarkan Global Reporting Initiative :

Dari pihak Kadin (sumber www.swa.co.id), salah satu yang akan dilakukan untuk mensosialisasikan sustainability report adalah menyusun pedoman standar CSR yang merujuk pada ISO 26000.. “Kadin sudah bikin road map, berharap di 2015 anggota-anggota kadin telah menerapkan sustainability report,”

 

 

Ditulis Oleh

Anwar Jayaningrat → 40MMSI 1

Lihat semua tulisan dari

Website : http://www.jayaningrat.com

2 Responses to “Sustainable Reporting”

  1. Iwan Setiadi says:

    He… he.. Nongol juga Bro …(potonya.)

Leave a Reply