Wadah Menulis Mahasiswa

kemudahan dalam bertransaksi menggunakan internet&sms banking Bank Mandiri

Peran teknologi dalam dunia perbankan sangatlah mutlak, dimana kemajuan suatu sistem perbankan sudah barang tentu ditopang oleh peran teknologi informasi. Semakin berkembang dan kompleksnya fasilitas yang diterapkan perbankan untuk memudahkan pelayanan, itu berarti semakin beragam dan kompleks adopsi teknologi yang dimiliki oleh suatu bank. Tidak dapat dipungkiri, dalam setiap bidang termasuk perbankan penerapan teknologi bertujuan selain untuk memudahkan operasional intern perusahaan, juga bertujuan untuk semakin memudahkan pelayanan terhadap customers. Apalagi untuk saat ini, khususnya dalam dunia perbankan hampir semua produk yang ditawarkan kepada customers serupa, sehingga persaingan yang terjadi dalam dunia perbankan adalah bagaimana memberikan produk yang serba mudah dan serba cepat

banyak produk-produk yang d tawarkan oleh bank untuk menarik coustomer atau nasabah, mulai dari pelayanan yang cepat, kemudahan dalam bertransaksi serta bank memberikan solusi kemudahan dalam berinvestasi. mulai dari investasi dalam skala kecil hingga investasi skala besar.

contoh salah satu bank yang sudah dapat memberikan pelayanan yang baik kepada nasabah adalah bank MANDIRI, selain merupakan salah satu bank terbesar di indonesia bank mandiri juga banyak menawarkan produk- produk yang diperlukan oleh nasabah. Dimana dengan asset teknologi mutakhir yang dimilikinya Mandiri mampu menjadi leader dalam hal pelayanan e-banking. Dengan jumlah ATM terbesar yang dimilikinya, fasilitas internet banking,dll. Padahal ukuran kecanggihan sebuah teknologi perbankan tidak hanya dilihat dari coverage ATM-nya semata, tapi seharusnya dilihat pada data centernya, khususnya di aplikasi core bankingnya.

Memang kendala yang dihadapi oleh dunia perbankan adalah kompleks dan mahalnya teknologi informasi, karena sebagian besar teknologi ini masih disuplay oleh vendor-vendor luar negeri. Tetapi bila lihat sekarang, banyak vendor – vendor pribumi yang berani bersaing dalam teknologi informasi ini. Jadi kenapa kita tidak memakai vendor-vendor pribumi untuk menanamkan teknologi informasi tersebut dalam dunia perbankan. Hal ini manjadi tuntutan bagi perbankan karena mau tidak mau suatu korporasi yang mempunyai ruang lingkup kerja yang luas ditambah dengan operasional-operasional yang sangat banyak harus ditunjang dengan suatu teknologi untuk memudahkan, mengefisienkan dan mengefektifkan kinerja tersebut. Apalagi dalam dunia perbankan dibutuhkan suatu informasi yang up to date bagi pihak manajemen menengah ke atas untuk memprediksikan langkah bisnis yang akan diambil sehingga berbagai kendala yang mungkin muncul dapat teratasi.

Namun, bank mandiri selalu berusaha untuk menjadi yang terdepan dan terpercaya. dengan memberikan service exellent, hingga produk – produk terpercaya yang dapat memenuhi kebutuhan nasabahnya.

Internet banking merupakan salah satu pelayanan perbankan yang diberikan bank mandirir tanpa cabang, yaitu berupa fasilitas yang akan memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi perbankan tanpa perlu datang ke kantor cabang. Layanan yang diberikan internet banking kepada nasabah berupa transaksi pembayaran tagihan, informasi rekening, pemindahbukuan antar rekening, infomasi terbaru mengenai suku bunga dan nilai tukar valuta asing, administrasi mengenai perubahan Personal Identification Number (PIN), alamat rekening atau kartu, data pribadi dan lain-lain, terkecuali pengambilan uang atau penyetoran uang. Karena untuk pengambilan uang masih memerlukan layanan ATM dan penyetoran uang masih memerlukan bantuan bank cabang.

selain memberikan pelayanan internet banking bank mandiri juga lebih mempermudah nasabahnya dengan memberikan pelayanan sms banking,Bersama SMS Banking Mandiri nikmati kemudahan melakukan transfer uang, pembayaran tagihan rutin, pembelian serta transaksi lainnya.

Berbagai Keuntungan Yang Anda Dapatkan :

  1. Mudah dan Fleksibel: Ketik SMS atau Pilih Menu . Dengan mengetikkan kode transaksi yang dibutuhkan, jawaban akan diterima dalam bentuk SMS juga atau transaksi dapat dilakukan dengan STK Menu pada ponsel.
  2. Lebih Efisien . Biaya transaksi sebesar biaya SMS + Rp500. Untuk notifikasi SMS sebesar Rp500.
  3. Memakai semua jenis SIM Card . Apapun jenis SIM Card yang Anda miliki, transaksi perbankan dapat Anda lakukan.
  4. Bisa di semua ponsel . Bisa dilakukan di semua ponsel yang memiliki fasilitas SMS.
  5. Aman . Untuk Ketik SMS rekening tujuan transfer didaftarkan terlebih dulu dan transaksi Pilih Menu menggunakan (STK) SIM Tool Kit dengan 3DES enkripsi/pengacak data.

Jenis Transaksi :

  • Transfer uang
    • Transfer antar rekening Bank Mandiri
    • Transfer antar bank (NEW)
    • Transfer dengan Berita (NEW)
    • Transfer valuta asing
  • Buka Deposito (NEW)
    • Pembukaan deposito Rp dan USD dengan jangka waktu 1 atau 3 bulan. Melihat info deposito dan pencairan deposito.
  • Cek Saldo
    • Saldo rekening Tabungan, pinjaman dan rekening valuta asing
  • Informasi
    • Info tagihan Mandiri Visa
    • 5 transaksi terakhir rekening
    • Suku bunga deposito, suku bunga tabungan dan kurs valuta asing
  • Pembayaran dan Pembelian
    • Pembayaran tagihan Mandiri Visa, PLN, tiket Garuda, Telkom, kartuHALO, Matrix, Xplor, Telkom, Fren, Esia, Iklan Kompas, Dealer XL Kita, ung kuliah Amikom Yogya, Bina Sarana Informatika, AXA Mandiri, OTO MultiArtha, IndosatNET, CBN, Kabelvision, Indovision dan StarONE postpaid. Beli berbagai tiket via Travel Agent, PBB, PAM, Adam Air dan Riau Air (menyusul).
    • Pembelian voucher isi ulang simPATI, Mentari, IM3 Smart, XL bebas, Flexi Trendy, Fren, Esia dan StarONE prepaid.
  • Notifikasi SMS
    • Pendebitan/pengkreditan di atas nilai tertentu
    • Jatuh tempo rekening deposito
    • Saldo rekening di bawah nilai tertentu
    • Penolakan cek/bilyet giro
  • Perubahan PIN

Cara Memperoleh Layanan :

  1. Daftarkan nomor ponsel Anda di ATM Mandiri/cabang Bank mandiri
  2. Jika mendaftar di ATM Mandiri, masuk ke Menu Pendaftaran eBanking, pilih SMS Banking dan tekan Pendaftaran SMS Banking Mandiri lalu ikuti langkah selanjutnya.
  3. Setelah pendaftaran sukses, layanan SMS Banking Anda siap digunakan.
  4. Bagi nasabah yang telah mendaftar via ATM, harap datang ke cabang Bank Mandiri untuk mengaktifkan layanan finansialnya (transfer, pembayaran, pembelian).

sekarang kenyamanan dan kemudahan dalam bertansaksi perbankan sudah di depan mata anda, tinggal bagaimana cara kita memanfaatkan fasilitas- fasilitas tersebut. selamat mencoba.. :)
sumber info bank : www.bankmandiri.co.id

Ditulis Oleh

Lihat semua tulisan dari

Leave a Reply