Wadah Menulis Mahasiswa

Mengenal E-Business

May 21st, 2012 | by | in Edukasi, Manajemen | 1 Comments

Mungkin kita sering mendengar istilah Electronic-Business,akan tetapi kita belum paham benar apa itu Electronic-Business secara dalam. E-Business berbeda dengan e-commerce yang membedakan nya yaitu  e-commerce mencakup segala kegiatan jual beli dan pertukaran informasi bisnis secara electronik termasuk internet, dan sedangkan e-businesss mempunyai definisi yang lebih luas lagi dari e-commerce karena di dalam e-business di dalam nya tidak hanya pembelian dan penjualan akan tetapi terdapat juga layanan pelanggan,koloborasi dengan mitra bisnis untuk mengelola transaksi dalam organisasi.

Jadi E-business dapat dikatakan segala aktivitas dan aspek yang ada di ecommerce,serta bagaimana menjalankan bisnis dalam proses internal dalam organisasi.Adapun manfaat dari implementasi e-business ialah dapat meningkatkan kinerja operasional perusahaan, meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok dan pendanaan yang luas, dan meningkatkan efisiensi perusahaan.

Adapun  pembagian-pembagian dalam e-business antara lain :

  • Customer Relationship Management (CRM) : system kustomisasi melakukan personalisasi produk dan servis berdasarkan keinginan customer atau menyangkut hubungan antara perusahaan dengan konsumen yang meliputi ; sales, pemasaran, data-data, penjualan dan pelayanan, anggapan dari konsumen.
  • Enterprise Resource Planning (ERP) : system informasi pendukung e-business yang menyediakan berbagai macam kebutuhan perusahaan seperti supply chain, CRM, marketing, warehouse, shipping, dan payment, serta mampu melakukan otomatisasi proses bisnis atau menyangkut hubungan dalam internal perusahaan tersebut, yang meliputi ; production and finance, human resource, sales and distribution, order management.
  • Enterprise Application Programs (EAI) : merupakan konsep integrasi berbagai proses bisnis dengan memperbolehkan mereka saling bertukar data berbasis message. EAI berfungsi sebagai penghubung ERP dengan SCM atau ERP dengan CRM.

Sumber Gambar : http://galong007.blogspot.com/2011/11/e-business.html

Sumber:http://id.shvoong.com/business-management/2214019-pengertian-business-electronic-business/

 

Ditulis Oleh

Lihat semua tulisan dari

One Response to “Mengenal E-Business”

Leave a Reply