Wadah Menulis Mahasiswa

Keluarga Berencana dan Kesejahteraan Keluarga

May 31st, 2012 | by | in Berita, Renungan | No Comments

Program Keluarga Berencana (KB) adalah salah satu program pemerintah untuk menekan laju pertumbuhan penduduk Indonesia. Hal ini disebabkan jumlah penduduk Indonesia berada pada posisi ke empat terbanyak di dunia. Apabila tidak dikendalikan, maka ledakan penduduk tersebut akan menjadi sebuah masalah social. Program KB ini merupakan program yang berada dibawah pengawasan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Salah satu manfaat program KB untuk keluarga adalah “meningkatkan kesejahteraan keluarga”. Dimana dengan melakukan pengaturan banyaknya kehamilan sedemikian rupa sehingga berdampak positif bagi keluarga. Dan dengan adanya perencanaan yang matang dalam kehamilan maka secara tidak langsung telah melakukan perencanaan terhadap cashflow / pengeluaran pada keluarga tersebut. Dapat dibayangkan berapa kebutuhan keluarga yang memiliki 3 orang anak atau lebih dibandingkan dengan yang memiliki 1 atau 2 anak apabila diambil rata-rata kondisi keluarga yang pas-pas an. Betapa lebih memungkinkannya untuk memberikan sandang, pangan, dan pendidikan yang cukup bagi keluarga yang memiliki anak 1 atau 2 dibandingkan dengan yang memiliki 3 atau lebih anak. Dan dengan program KB ini maka kita akan memutus mata rantai kemiskinan, contoh ekstrim nya adalah apabila ada keluarga miskin maka akan melahirkan keturunan yang miskin pula, maka dengan program KB ini keluarga dapat mengatur kehamilannya sehingga dapat mensejahterakan keluarganya.

Bagi penulis, program KB sangat dapat membantu keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, sehingga semua kebutuhan dalam keluarga dapat terpenuhi. Pertanyaannya adalah, apakah keluarga yang berlebihan tidak perlu mengikuti program KB ?

sumber gambar www.bkkbn.go.id

Ditulis Oleh

Pembangunan Gultom → 40MMSI2

Lihat semua tulisan dari

Leave a Reply