Wadah Menulis Mahasiswa

Susunan 7 Lapisan Dalam Bumi

June 21st, 2012 | by | in Edukasi | 1 Comments

 

Seperti yang kita ketahui bumi planet tempat kita tinggal memiliki banyak lapisan di dalamnya. Secara garis besar ada 3 lapisan yaitu kerak bumi (crust), selubung (mantle) dan inti bumi (core). Namun kesemuanya itu terbagi lagi menjadi 7 lapisan, berikut penjelasannya.

Kerak bumi (crust) sering dikenal dengan lempeng tektonik karena bagian inilah yang bergerak membuat gempa bumi dan gunung berapi. Kerak bumi ini terbagi 2 jenis yaitu kerak samudra dan kerak benua. Kerak samudra meliputi 65% dari luas kerak bumi dan seluruhnya tertutup oleh lautan dan samudra yang rata-rata 4 km. Kerak samudra memiliki ketebalan 5 – 15 km. Sementara Kerak benua meliputi 79 % dari isi volume kerak bumi. Mempunyai ketebalan sekitar 30 – 35 km.

Kemudian setelah kerak bumi adalah selubung (mantle). Selubung terbagi 3 bagian, atas, transisi dan bawah. Selubung bagian atas (upper mantle) diperkirakan terdiri dari batuan yang meleleh atau berbentuk seperti pasta akibat suhunya yang cukup tinggi, selubung inilah yang menggerakkan kerak bumi atau lempeng tektonik yang memiliki ketebalan lapisan sekitar 35 – 400 km. Kemudian selubung bagian transisi (transition zone) memiliki bentuk yang setengah padat dan setengah cair, memiliki ketebalan lapisan sekitar 400 – 700 km. Terakhir adalah selubung bagian dalam atau bawah (lower mantle) yang memiliki ketebalan 700 – 2900 km dan memiliki suhu yang cukup tinggi sekitar 3000 derajat celcius. Pada zona ini tekanan dan temperatur sudah sedemikian besar.

 

 

 

 

 

Gambar 1 Bagian-bagian perlapisan bumi

Kemudian setelah lapisan selubung (mantle) dilanjutkan lapisan inti (core). Lapisan inti bumi terdiri dari 2 bagian yaitu inti luar atau outer core dan inti dalam atau inner core. Pada lapisan inti bumi sangat kaya akan mineral besi (Fe) dan nikel (Ni). Pada inti luar bentuknya bersifat pasta yang mirip dengan selubung atas dan inti luar ini memiliki ketebalan 2900 – 5100 km.  Terakhir lapisan bumi yang paling dalam adalah inti dalam. Sama dengan inti luar, inti dalam kaya akan mineral besi dan nikel. Hanya saja bentuk dari inti dalam bumi berbentuk padat yang pejal disertai dengan tekanan dan temperatur yang luar biasa tinggi. Diperkirakan suhunya mencapai 4000 derajat celcius.

 

 

 

 

Gambar 2 Planet Bumi di Foto lewat satelit

 

Sumber data : 1.   Earth Resources oleh Brian J. Skinner, 1976, Prentice Hall, USA.

2.  The Evolving Earth : in Physical Geology oleh Frederick J. Sawkins, 1978 Macmillan Publishing Co. Inc.

Sumber Gambar 2 : earthobservatory.nasa.gov, NASA.

Sumber Gambar 1 : Pubs.usgs.gov,  United States Geology Sosiety

Ditulis Oleh

Lihat semua tulisan dari

One Response to “Susunan 7 Lapisan Dalam Bumi”

  1. Nan says:

    Thank you for sharing^^

Leave a Reply