Wadah Menulis Mahasiswa

Peluang Usaha Untuk Lulusan IT

July 17th, 2012 | by | in Renungan | 1 Comments

Melihat tren yang ada di Indonesia, dimana setiap mahasiswa jurusan IT yang baru lulus kebanyakan dari mereka ingin bekerja di perusahaan.  Didalam pikiran seorang fresh graduate selalu merencanakan dan mencari lamaran pekerjaan. padahal sebenarnya peluang usaha untuk bidang IT di Indonesia sangat menjanjikan, seperti software house, teknisi komputer, instalasi jaringan dan lainnya. Mengingat pertumbuhan ekonomi yang pesat dan juga penggunaan IT yang masih belum terjamah, mengibaratkan lulusan IT adalah “nelayan dalam kolam yang penuh ikan”.

Mengambil data dari Badan Pusat Statistik, jumlah wirausaha per januari 2012 mencapai 3,75 juta orang atau 1.56% dari total jumlah penduduk. Angka ini masih terlalu jauh dibanding dengan negara Asia lain seperti Cina dan Jepang, yang memiliki wirausaha lebih dari 10% dari jumlah penduduknya.

Maka dari itu, saya mengajak para lulusan IT untuk ikut peran serta dalam mendukung pertumbuhan ekonomi mikro, dengan membuat peluang usaha sendiri. sebagai referensi lulusan IT dapat membandingkan pendapatan dari bekerja di perusahaan atau pendapatan dari usaha sendiri. Karena pastinya seorang lulusan IT selalu membayangkan pendapatan (gaji) setelah lulus dari kuliahnya.

Diperlukan kejelian dalam melihat peluang usaha di sekitar lingkungan plus faktor pendukung skill dan materi yang harus disiapkan dari lulusan IT untuk mendapatkan peluang-peluang tersebut.

Jangan ragu untuk mengikuti seminar dan kursus mengenai faktur penunjang dan teknis untuk mendukung kemampuan diri.

Semoga Indonesia tidak lagi menjadi negara konsumen dalam bidang IT.

 

 

 

Ditulis Oleh

Lihat semua tulisan dari

One Response to “Peluang Usaha Untuk Lulusan IT”

  1. Lulusan IT sebetulnya salah satu lulusan yang paling banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan, namun apabila anda memutuskan untuk membuka peluang usaha sendiri pun sangat banyak sekali peluang usaha yang bisa anda tekuni, jangankan IT sebagai core business, IT sebagai support business pun sangat banyak peluangnya. Salam sukses

Leave a Reply