Wadah Menulis Mahasiswa

Hal yang harus diketahui sebelum mengajukan pembuatan kartu kredit

July 29th, 2012 | by | in Edukasi, Perbankan | 1 Comments

Gaya hidup masa kini memang tidak jauh dari kepraktisan. Kartu kredit adalah alternatif yang pas untuk transaksi pembayaran. Namun, sebagai calon pemegang kartu kredit, patut mengetahui hak dan kewajiban pemegang kartu. Menurut Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 11/10/DASP perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu (APMK), berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan nasabah sebelum membuat kartu kredit.

1. Bank wajib menyampaikan informasi tertulis kepada calon Pemegang Kartu dan Pemegang Kartu atas APMK yang diterbitkan. Informasi tersebut wajib menggunakan Bahasa Indonesia yang jelas dan mudah dimengerti, ditulis dalam huruf dan angka yang mudah dibaca oleh calon Pemegang Kartu dan Pemegang Kartu. Selain itu, bank juga wajib menyediakan sarana dan nomor telepon yang dapat secara mudah digunakan dan/atau dihubungi oleh calon Pemegang Kartu dan Pemegang Kartu dalam rangka melakukan verifikasi kebenaran segala fasilitas yang ditawarkan dan/atau informasi yang disampaikan oleh Penerbit.

2. Bank harus menjelaskan tata cara penggunaan kartu kredit dan risiko yang mungkin timbul dari penggunaan kartu tersbebut, misalnya tidak memberikan PIN kepada orang lain. Bank juga wajib menyampaikan jenis dan besarnya biaya yang dikenakan penerbit untuk kartu tersebut serta menjelaskan tata cara jika pemegang kartu tersebut tidak ingin menjadi pemegang kartu kredit.

3. Pada saat pembuatan kartu kredit, bank juga harus memberikan informasi bahwa penagihan dapat dilakukan menggunakan jasa pihak lain di luar Penerbit kartu kredit apabila kualitas kredit Pemegang kartu kredit termasuk dalam kualitas macet.

4. Nasabah juga harus diberikan informasi mengenai bunga kartu kredit. Setidaknya informasi tersebut adalah berikaitan dengan besarnya suku bunga kartu kredit baik bulanan maupun tahunan, tata cara penghitungan bunga kartu kredit, dan tata cara serta persyaratan permohonan penghapusan bunga jika terdapat kesalahan dalam bunga kartu kredit. Informasi tersebut harus dilengkapi dengan contoh atau ilustrasi yang mudah dipahami oleh pemegang kartu kredit.

5. Pemegang kartu kredit berhak mengetahui transaksi kartu kredit selama satu tahun berjalan. Informasi tersebut berupa total transaksi pembelanjaan, tarik tunai, bunga, biaya, denda, performa selama satu tahun dan kualitas kredit pemegang kartu kredit posisi terakhir. Namun, penerbit bisa saja mengenakan biaya atas penerbitan tersebut.

6. Pemegang kartu kredit berhak untuk mendapatkan informasi tagihan secara lengkap, akurat, informatif serta dilakukan secara benar dan tepat waktu.

7. Penerbit kartu kredit tidak boleh menghalangi pemegang kartu kredit untuk menutup layanan kartu kreditnya.

8. Denda keterlambatan pembayaran sesudah jatuh tempo untuk pemegang kartu kredit paling banyak 3 persen dari total tagihan dan tidak melebihi Rp 150.000. Dan denda hanya dibebankan kepada kartu kredit pertama.

9. Calon pemegang kartu kredit utama haruslah di atas 21 tahun atau sudah kawin. Sementara kartu kredit tambahan adalah 17 tahun atau telah kawin. Batas minimum pendapatan calon pemegang kartu kredit adalah Rp 3 juta.

Ditulis Oleh

→ saya, orangnya cukup menyenangkan. Hobby bikin temen2 dan org2 disekitar tersenyum. easy going,low profile,and actually i am a good listener :)

Lihat semua tulisan dari

Website : http://sarahocta.blogspot.com/

One Response to “Hal yang harus diketahui sebelum mengajukan pembuatan kartu kredit”

  1. joko says:

    Informasinya sangat membantu Mbak Sarah…

Leave a Reply