Wadah Menulis Mahasiswa

APA ITU DATABASE LAHAN PERMUKIMAN TRANSMIGRASI?

August 2nd, 2012 | by | in Edukasi | No Comments

Berbicara transmigrasi tidak bisa dipisahkan dengan bicara lahan. Lahan yang dimaksud adalah lahan yang dibagikan kepada transmigran dengan segala permasalahan apa yang ada diatasnya.

Sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi dari Pusat Data dan Informasi Ketransmigrasian dari Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor Per.12/MEN/VIII/2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, pada pasal 890 menyatakan bahwa Pusat Data dan Informasi Ketransmigrasi mempunyai tugas melaksanakan urusan pengelolaan data dan informasi serta pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan pelaporan pengelolaan data dan informasi ketransmigrasian.

Pada pasal 891 menjelaskan bahwa dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal 890, Pusat Data dan Informasi Ketransmigrasian menyelenggarakan fungsinya :

  1. Penyusunan kebijakan teknis, rencana dan program pengelolaan data dan informasi dibidang transmigrasi;
  2. Pelaksanaan pengelolaan data dan informasi dibidang transmigrasi;
  3. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pengelolaan data dan informasi bidang transmigrasi; dan
  4. Pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga Pusat.

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi diatas, Pusat Data dan Informasi Ketransmigrasian menyelenggarakan kegiatan Penyusunan Database Lahan Permukiman Transmigrasi pada lokasi transmigrasi yang masih berstatus bina.

Maksud dari kegiatan Penyusunan Database Lahan Permukiman Transmigrasi ini adalah untuk mewujudkan suatu database tentang lahan permukiman transmigrasi yang komprehensif dan aplikatif. Komprehensif terhadap data yang dihasilkan pada lokasi transmigrasi bina, aplikatif terhadap informasi yang dihasilkan untuk penentuan kebijakan dari hasil pelaksanaan kegiatan penyusunan database lahan tersebut. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah membuat database lahan, inventarisasi sarana dan prasarana permukiman, sosial ekonomi (perkembangan lokasi permukiman transmigrasi), serta segala permasalahan yang ada dan kemungkinan akan timbul di lokasi permukiman transmigrasi yang masih dibina.

Untuk mendapat data spasial yang benar dan aktual (seperti kondisi jalan, jembatan, gorong-gorong, drainase, fasilitas umum, dan lain sebagainya) digunakan dengan menggunakan foto udara “small format”, yakni dengan menggunakan pesawat udara remote control atau lebih dikenal dengan sebutan pesawat UAV (Unmanned Aerial Vehicle/Pesawt Tanpa Awak), dan selain itu dilakukan pula survey lapang untuk mendapatkan data lahan, sosek, dan lain sebagainya.

Manfaat dari Database Lahan Permukiman tersebut adalah untuk (a) Memberikan informasi “as built condition” yang bisa berbeda jauh dengan kondisi rencana, (b) Lahan milik transmigran setempat pada umumnya kurang diberdayakan dibanding dengan transmigran pendatang. Karena itu, diperlukan sebuah pemberdayaan yang lebih intensif, terutama bagi para transmigran setempat. Selama ini, transmigran setempat diperlakuan sama dengan transmgiran pendatang.

Database Lahan Permukiman Transmigrasi ini nantinya akan dituangkan kedalam sistem aplikasi yang ada di Pusdatintran, yakni Sistem Informasi Geografis yang berbasis Web, sehingga informasi yang terdapat di suatu lokasi permukiman transmigrasi nantinya dapat disajikan dan dinikmati oleh masyarakat melalui internet.

 

Ditulis Oleh

Lihat semua tulisan dari

Leave a Reply