Wadah Menulis Mahasiswa

INOVASI PEMBELAJARAN OLEH GURU PROFESIONAL DALAM ERA GLOBALISASI

August 2nd, 2012 | by | in Edukasi | 2 Comments

Telaah Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, edisi khusus th. XXXXI, Mei 2008

Dalam era globalisasi ini kemajuan teknologi sangat pesat dan mobilitas umat sangatlah tinggi serta diikuti dengan regulasi ketenagakerjaan yang sifatnya internasional. Hal ini menimbulkan persaingan ketenagaan yang pesat. Agar Sumber Daya Manusia dapat bersaing di era ini maka di butuhkan kualitas pendidikan yang baik.
Untuk meningkatkan mutu pendidikan maka perlu adanya peningkatan mutu pendidik (guru). Oleh karena itu guru di minta untuk malakukan inovasi dan peningkatan wawasan pembelajaran. Pada jurnal ini dijelaskan mengenai teori pembelajaran diantarnya:
1.Teori belajar behavioristik dan penerapan dalam pembelajaran . Berdasarkan teori seorang telah dianggap belajar jika telah menunjukan perubahan tingkah laku Dalam pembelajaran behavioristik dikembangkan langkah-langkah sebagai berikut yaitu  (1) guru menentukan tujuan pembelajaran (2) guru mengidentifikasikan pengetahuan awal siswa untuk menentukan materi pelajaran (3) guru menyajikan materi pelajaran (4) guru memberi stimulus (5) guru mengamati respon siswa dan guru memberi penguatan.
2.Teori belajar Kognitif dan Penerapannya dalam pembelajaran. Berdasarkan teori ini seorang talah di katakan belajar jika telah terjadi perubahan persepsi dan pemahaman dan melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Implementasi teori kognitif dalam pembelajaran memiliki langkah-langkah sebagai berikut yaitu: (1) guru menentukan tujuan pembelajaran (2) guru memilih materi pelajaran dan menentukan topik-topik yang dapat di pelajari secara aktif (3) guru menentukan kegiatan belajar yang sesuai dengan topik seperti penelitian, pemecahan masalah, diskusi, simulasi, dsb. (4) guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar.
3.Teori belajar Konstruktivistik dan penerapannya dalam pembelajaran menurut teori ini belajar merupakan proses pembentukan pengetahuan yang dilakukan oleh siswa sepenuhnya dan tugas guru adalah menata lingkungan sehingga memberi peluang optimal bagi terjadinya proses belajar dan membantu agar proses rekonstruksi pengetahuan berjalan lancar.
4.Teori kecerdasan ganda dan penerapannya dalam penerapannya dalam pembelajaran. Penyelenggaraan pembelajaran berdasarkan teori intelegensi ganda ada beberap langkah yang perlu ditempuh yaitu dengan:(1) dengan tes (2) dengan mencoba mengajar dengan intelegensi ganda dan mengamati respon siswa terhadap metode tersebut (3) dengan observasi terhadap apa yang dilakukan siswa di kelas (4) dengan mengumpulkan dokumen yang di buat siswa
Untuk mengkaji teori – teori tersebut maka di butuhkan sebuah penelitian dengan menerapkan pendekatan ilmiah yang bersifat objektif,sistematis,dapat diuji dan realtif yang tidak terpengaruh oleh kepercayaan pribadi,pendapat dan perasaan.  Ada beberapa jenis penelitian yang dapat di pilih berdasarkan tujuannya yaitu penelitian dasar yang bertujuan mengembangkan teori, penelitian terapan bertujuan menguji teori, penelitian evaluative bertujuan mengambil keputusan tentang pelaksanaan suatu program, teori pengembangan bertujuan mengembangkan suatu produk.
Penelitan yang sering di gunakan dan menajdi trend yaitu “penelitian tindakan kelas” yang tergolong pada penelitian terapan.PTK memiliki langkah-langkah sebagia berikut yaitu(1)perencanaan.(2)tindakan(3)observasi dan evaluasi(4)refleksi
Dalam era globalisasi ini peranan guru sebagai ujung tombak dalam dunia pendidikan oleh karena itu guru di tuntut untuk professional yang memiliki 4 kompetensi yaitu kepribadian, pedagogik, professional dan sosial. Kompetensi professional memiliki sub kompetensi yaitu menguasai substansi keilmuan terkait bidang studi dan menguasai struktur dan metode keilmuan. Indikator subkompetensi kedua ini adalah menguasai langkah-langkah penelitian dan kajian kritis untuk memperdalam pengetahuan atau meteri bidang studi. Pemerintah melalui P2LPTK, mengemukakan bahwa seorang guru professional harus mampu menjadi guru peneliti. Berangkat dari tuntutan itu maka guru harus melakukan penelitian terutama dalam era globalisasi

Ditulis Oleh

Lihat semua tulisan dari

2 Responses to “INOVASI PEMBELAJARAN OLEH GURU PROFESIONAL DALAM ERA GLOBALISASI”

  1. Rahman virgo kasasi says:

    Terimksh

  2. Pujo Cahyono says:

    Permisi
    Melalui blog ini saya urun informasi semoba bermanfaat. http://pcahyono.blogspot.com/

Leave a Reply