Wadah Menulis Mahasiswa

Multinational Corporation (MNC)

November 7th, 2012 | by | in Catatan Kuliah | No Comments

Perusahaan multinasional (MNC) adalah sebuah perusahaan internasional atau transnasional yang berkantor pusat di satu negara tetapi kantor cabang di berbagai negara maju dan berkembang. Perubahan-perubahan multi dimensi dan globalisasi telah membawa berbagai pengaruh dan dampak bagi negara-negara berkembang. Dalam Negara berkembang tersebut dapat menguntungkan bagi Korporasi. Multinasional/Multinational Corporations (MNCs) untuk menginvestasikan sumber daya modal mereka, dikarenakan oleh faktor rendahnya biaya tenaga kerja, kemudahan untuk mendapatkan sumber daya natural dan yang paling penting, adalah sebagai pasar untuk mendistribusikan produk mereka.

Sebuah perusahaan akan menjadi perusahaan multinasional berdasarkan keuntungan untuk mendirikan produksi dan kegiatan lainnya di lokasi asing.  Perusahaan mengglobalisasikan kegiatan mereka baik untuk memasok pasar dalam negeri-negara mereka , dan untuk melayani pasar luar negeri secara langsung. Menjaga kegiatan asing dalam struktur perusahaan memungkinkan perusahaan menghindari biaya yang melekat oleh perantara, dengan entitas yang terpisah sambil memanfaatkan pengetahuan perusahaan mereka sendiri.

Multinational Corporations memiliki peran yang sangat kuat dan penting dalam proses pembangunan di Negara-negara berkembang atau Negara bagian selatan. Pengaruh dan kekuatan MNCs ini dapat dilihat dari ketergantungan Negara-negara berkembang kepada Negara-negara lain dalam hal teknologi, hal ini dikarenakan banyaknya sumber daya yang dimiliki oleh Negara-negara berkembang tersebut seperti yang telah dijelaskan di atas.

MNCs sangat mengutamakan prinsip efisiensi, dimana MNCs memiliki kepentingan untuk memaksimalkan capital dan keuntungan yang telah diupayakan dengan seminimal mungkin dari pemanfaatan sumber daya yang ada. Efisiensi MNCs yang dilakukan di sini terbagi menjadi dua yakni, faktor permintaan dan faktor biaya. Faktor permintaan erat kaitannta denfan profit orientation yang ingin didapatkan oleh MNCs. Faktor biaya lebih menekankan bagaimana efisiensi dalam produksi dan distribusi dapat ditekankan dengan maksimal. Dengan biaya produksi dan distribusi yang dapat ditekan dengan maksimal maka akan berdampak dengan naiknya keuntungan dari MNCs.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ditulis Oleh

Lihat semua tulisan dari

Leave a Reply