Wadah Menulis Mahasiswa

e-INKABER (Bonded Zone Inventory Solution)

November 19th, 2012 | by | in Berita, Gaya Hidup, ICT, Manajemen | 1 Comments

Latar Belakang

Dalam suatu bisnis pasti dibutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam melakukan segala proses. Tentu di zaman yang sudah mengembangkan teknologi ini sudah banyak berbagai macam aplikasi yang sudah dibuat untuk memudahkan pelaku usaha/bisnis dalam menjalankan bisnisnya. Dengan adanya persaingan yang ketat antara vendor yang membuat aplikasi demi memudahkan para pelaku usaha/bisnis, maka dibuatlah aplikasi e-INKABER ini untuk memudahkan aktivitas, proses, dan bisnis yang berjalan di kawasan berikat untuk memenuhi segala kebutuhan yang dibutuhkan oleh para pelaku usaha/bisnis.

 

Pendahuluan

e-INKABER adalah sebuah sistem informasi persediaan berbasis komputer untuk pengelolaan barang yang dibuat khusus untuk Pengusaha Kawasan Berikat atau PDKB untuk memenuhi ketentuan dalam Peraturan Menteri Keuangan dan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai tentang Kawasan Berikat (KB). Aplikasi dibuat berbasis web (online) dengan dukungan platform Cloud Computing.

Pemberlakuan Peraturan Menteri Keuangan  Nomor: 147/PMK.04/2011 tentang Kawasan Berikat sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor: PMK-44/PMK.04/2012 dan Peraturan Direktur Jenderal  Bea dan Cukai Nomor: 57/BC/2011 tentang Kawasan Berikat sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor: PER-17/BC/2012,  mewajibkan Pengusaha Kawasan Berikat atau PDKB memiliki sistem informasi persediaan berbasis komputer untuk pengelolaan barang yang dapat diakses untuk kepentingan pemeriksaan oleh Pejabat Bea dan Cukai yang mengawasi Kawasan Berikat secara realtime dan/atau online terbatas hanya untuk membaca (read only) atau mengunduh (download).

Manfaat

  • REGULATORY ADAPTIVE : Aplikasi akan disesuaikan secara otomatis mengikuti perubahan Peraturan terbaru.
  • LOW ON INVESTMENT : Hanya membutuhkan aplikasi internet browser (Internet Explorer, Mozilla Firefox, dll) dan koneksi internet untuk menggunakan e-INKABER.
  • EASY TO ACCESS : Dapat diakses kapan saja dimana saja tanpa mengenal jarak dan waktu (24/7).
  • MINIMUM ON RISK : Resiko yang umum terjadi pada data perusahaan dikarenakan masalah media penyimpanan/ storage dan keamanan data dapat diminimalisir. Layanan sudah termasuk Security, Back-up System, Disaster Recovery Center (DRC), dan Monitoring Service.
  • FREE MAINTENANCE : Tidak perlu lagi melakukan maintenance baik hardware, software maupun data, perusahaan bisa lebih fokus ke bisnis.

FITUR

- Sistem Pemberitahuan Pabean untuk Kawasan Berikat, terdiri dari :

  • Pemberitahuan Pabean meliputi : Dokumen BC 2.3, BC 2.5, BC 2.6.1, BC 2.6.2, BC 2.7, BC 3.0,  BC 4.0, BC 4.1
  • Surat Permohonan untuk mendapat persetujuan pemasukan/pengeluaran/pemusnahan barang dll.

- Sistem Inventori, terdiri dari :

  • Tabel Data Barang
  • Pencatatan Pemasukan/Pengeluaran Barang
  • Konversi untuk Hasil Produksi/Sub Kontrak
  • Stock opname

- Sistem Pelaporan, menghasilkan :

  • Laporan Pemasukan Barang per dokumen pabean;
  • Laporan Pengeluaran Barang per dokumen pabean;
  • Laporan Posisi Barang dalam Proses (WIP);
  • Laporan Pertanggungjawaban Mutasi Barang yaitu :
  • Laporan pertanggungjawaban mutasi bahan baku dan bahan penolong;
  • Laporan pertanggungjawaban mutasi barang jadi;
  • Laporan pertanggungjawaban mutasi barang sisa dan scrap;
  • Laporan pertanggungjawaban mutasi mesin dan peralatan perkantoran.

- Interface (optional), digunakan apabila diperlukan untuk mengintegrasikan e-INKABER dengan sistem internal di perusahaan.

 

Sumber : http://www.edi-indonesia.co.id/index.php?act=vnews&id=48

Ditulis Oleh

Lihat semua tulisan dari

One Response to “e-INKABER (Bonded Zone Inventory Solution)”

  1. kutangbisa says:

    mas katanya itu ngisinya pake template ya excel ya boleh minta templatenya dulu ga nanti aku bisa ngisi atau enggak kalo bisa aku beli …….. :D

Leave a Reply