Wadah Menulis Mahasiswa

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH SMA NEGERI 1 MANADO

April 2nd, 2013 | by | in Akuntansi | No Comments

Disusun oleh:

Abdul Wahid

Hebo Adhi Wibowo

Yeti Kusumawati

41 SIA

Bagian 1

1. Pendahuluan

1.1 Latar belakang

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu cepat di abad ke-21 ini telah membawa konsekuensi perubahan yang sangat signifikan di segala sektor termasuk di sektor pendidikan dalam hal ini sekolah. Oleh karena itu lembaga pendidikan seperti SMA Negeri 1 Manado dituntut untuk memfasilitasi dan menyediakan akses informasi bagi seluruh warganya. Di era informasi dan pengetahuan ini, penguasaan informasi dan pengetahuan merupakan tuntutan dan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh lembaga pendidikan seperti SMA Negeri 1 Manado agar terbangun komunitas pembelajar yang bermutu tinggi.

Mengapa lembaga pendidikan seperti SMA Negeri 1 Manado perlu mengembangkan suatu sistem informasi sekolah yang terpadu? Dengan profil sekolah seperti sekarang ini yang mengakomodir siswa sejumlah 1860 orang, tenaga pendidik tetap 88 orang dan tenaga kependidikan tetap sebanyak 9 orang maka diperlukan suatu sistem informasi yang dapat menjamin akurasi dan kemutahiran data dan informasi. Sistem informasi sekolah yang dimaksud adalah sistem informasi yang berbasis ICT. Dengan demikian sistem ini nantinya mendukung pengembangan data base sekolah yang handal dan terpercaya.

Selanjutnya, sistem informasi sekolah ini dimaksudkan untuk mendukung terwujudnya manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah yang bertumpu pada prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas. Sistem informasi sekolah ini diharapkan membuka akses yang lebih luas kepada publik, pemangku kepentingan pendidikan terutama orang tua untuk mengakses informasi yang relevan dan ‘up to date’ terkait proses perkembangan anaknya. Sistem ini dapat berperan sebagai etalase bahkan sumber bagi feed back multi arah, bagi guru, kepala sekolah, staf administrasi, siswa dan bahkan orang tua siswa. Sistem ini dapat juga berfungsi sebagai alat penilaian kinerja guru, staf administrasi maupun siswa.

Seiring dengan berjalannya waktu, kedepan sistem informasi terpadu ini diharapkan berfungsi sebagai alat kontrol atau kendali mutu. Sebagai alat kontrol, sistem ini akan memperbaiki dan meningkatkan efisiensi, efektifitas dan produktivitas warga sekolah yang pada gilirannya meningkatkan mutu sekolah. Sistem informasi terpadu ini dalam prosesnya diharapkan memberikan dampak yang signifikan pada kinerja seluruh warga sekolah.

 

1.2 Ruang lingkup proyek sistem

Proyek pembuatan sistem informasi sekolah di SMA Negeri 1 Manado yang akan dikembangkan memiliki beberapa ruang lingkup yang harus dikerjakan yaitu sebagai berikut:

  • Menganalisis dan menentukan jenis keperluan apa yang dibutuhkan.
  • Menganalisis teknologi yang harus digunakan.
  • Mendesain sistem informasi sekolah.
  • Mengimplemantasikan sistem informasi sekolah.

 

1.3 Tujuan

  • Mengembangkan suatu sistem informasi sekolah yang terpadu yang memungkinkan aksesibilitas oleh seluruh pemangku kepentingan pendidikan.
  • Memantapkan suatu sistem informasi yang mendukung pelaksanaan manajemen mutu yang berbasis sekolah yang bertumpu pada prinsip transparansi dan akuntabilitas.
  • Menjadikan alat kendali mutu yang menjamin efisiensi, efektifitas dan produktifitas dari warga sekolah yang bermuara pada peningkatan mutu sekolah.
  • Menjadi alat feed back untuk penilaian kinerja tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan siswa secara objektif, fair dan proporsional.

 

1.4 Landasan

  • Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  • Undang-Undang No. 14 tentang Guru dan Dosen.
  • Peraturan Pemerintah No. 19 tentang Standar Nasional Pendidikan
  • Misi butir 2 SMA Negeri 1 Manado dan program kerja tahun 2012-2013.
  • MOU kerja sama pengembangan sistem informasi antara UMN dan SMA Negeri 1 Manado.

Artikel Bagian 2 dapat dilihat di: http://wp.me/p2q0eO-Vm

Ditulis Oleh

Lihat semua tulisan dari

Leave a Reply