Wadah Menulis Mahasiswa

Pertumbuhan E-Commerce di Indonesia

May 14th, 2013 | by | in Gaya Hidup, ICT | 1 Comments

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia terus mengalami peningkatan yang signifikan sejalan dengan pertumbuhan angka pengguna Internet. Saat ini apapun sudah bisa dibeli di Internet, mulai dari barang kulakan sampai paket liburan, dari gadget sampai produk fashion, bahkan mobil. Namun salah satu landasan penting dalam perdagangan, baik untuk toko online maupun offline adalah bagaimana mengubah pebelanja menjadi pelanggan setia. Berita baiknya adalah saat ini kesetiaan terhadap brand dan website tengah menanjak. Menurut kontan.co.id Pasar bisnis perdagangan elektronik(e-commerce) diperkirakan akan terus tumbuh dengan meningkatnya infrastruktur pendukung internet di Indonesia. Azhar Hasyim Direktur E-Business Kementerian Komunikasi dan Informatika(Kemkominfo) menuturkan, potensi pasar bisnis e-commerce tahun ini bisa mencapai Rp 330 triliun sehingga cukup potensial.

Berkaitan dengan mengubah konsumer menjadi pelanggan online yang setia, sebuah riset independen yang digelar Rakuten mendapati bahwa 39 persen pebelanja yang disurvei melihat program loyalitas sebagai insentif terbesar dalam melakukan pembelian kedua dan seterusnya.  Peritel dan pemasar mestinya menerapkan skema loyalitas untuk mendapatkan pembeli setia dan menjadi merek yang paling dicari.

Ryota Inaba, President Director dan CEO PT. Rakuten-MNC mengatakan, Rakuten Belanja Online (RBO) menawarkan program rewards yang sama untuk anggotanya di Indonesia. Selain itu kaskus menargetkan pertumbuhan jumlah pengguna yang cukup tinggi tahun ini. Ken mengatakan, tahun ini Kaskus menargetkan jumlah pengguna yang bertransaksi di Kaskus baik sebagai pembeli maupun penjual akan mencapai 38 juta pelanggan per bulan naik 100% dari rata-rata pelanggan bertransaksi di tahun 2011 sebesar 19 juta pelanggan per bulan.

 

Kesimpulan

Sudah jelas, bahwa pertumbuhan e-commerce di Indonesia sangat meningkat, bahkan dari hari ke hari. Tanpa  harus membuka toko secara fisik, para pengusaha muda juga bisa berjualan dengan bermodalkan website, tentu saja ini menghemat cost atau biaya, Selain itu potensialnya pasar e-commerce di dukungan sepenuhnya oleh pemerintah indonesia.

Referensi :

http://techno.okezone.com

http://kontan.co.id

Ditulis Oleh

Lihat semua tulisan dari

One Response to “Pertumbuhan E-Commerce di Indonesia”

  1. Ahmad says:

    wah bagus nih, bagus buat nulis jurnal lagi. ijin copas ya gan.

Leave a Reply