Wadah Menulis Mahasiswa

REVIEW JURNAL : SISTEM INFORMASI E-BUSINESS PADA PT JUMBO POWER INTERNATIONAL PALEMBANG

May 17th, 2013 | by | in Manajemen | No Comments

REVIEW JURNAL  :  SISTEM  INFORMASI  E – BUSINESS PADA PT JUMBO POWER INTERNATIONAL PALEMBANG

 

PT Jumbo Power International Palembang adalah perusahaan yang menjual produk oli yang berada dikota Palembang, dengan sistem penjualan masih menggunakan sales sebagai perantara penyebaran informasi produk serta promosi ataupun pelanggan harus datang sendiri ke perusahaan untuk memesan produk yang akan mereka beli. Apabila pelanggan ingin memesan produk, tentu dengan cara yang biasa pelanggan harus datang ke perusahaan atau menunggu sales yang datang. Pada saat yang bersamaan tidak mungkin beberapa pelanggan dapat langsung memesan dari seorang sales. Jika pelanggan langsung datang ke perusahaan tentu tidak akan efektif dikarenakan akan menghabiskan banyak waktu serta biaya, sehingga salah satu pilihan teknologi informasi yang diimplementasikan PT Jumbo Power International Palembang adalah dengan menggunakan jaringan website.

Pengembangan aplikasi yang dapat digunakan untuk proses penjualan, promosi, serta memberikan informasi ke pelanggan tentang produk-produk terbaru. Diharapkan aplikasi ini dapat diimplementasikan PT Jumbo Power International Palembang sehingga manfaat IT dalam kehidupan dapat segera dirasakan. Adapun penulis menyarankan agar pihak perusahaan dapat mempromosikan atau mensosialisasikan fasilitas-fasilitas yang telah dibangun agar fasilitas-fasilitas tersebut dapat digunakan oleh pelanggan secara maksimal.

Kata kunci:Website, PHP,Macromedia Dreamweaver CS5, ,E-Business

PENDAHULUAN

PT Jumbo Power International yang didirikan pada tahun 1980 sebagai perusahaan yang bergerak dibidang importir umum dan trading, dimana produk yang ditangani pada saat itu adalah spare-parts dan accu kendaraan bermotor. Akan tetapi seiring dengan tuntutan dan perkembangan pasar, pada tahun 1990- an perusahaan terus berkembang dan mampu mendirikan pabrik sendiri serta mulai melakukan kegiatan produksi minyak rem dengan merk Jumbo Brake Fluid, serta menghasilkan beberapa produk terkenal seperti Jumbo Oil Treatment, Jumbo Shock Absorber Oil, Jumbo Radiator Oil.

Tahun 2001 PT Jumbo Power International memperoleh izin untuk mendirikan pabrik pelumas (LOBP) dengan kapsitas produksi 75.000 KL / tahun dan semenjak saat itu PT Jumbo Power International mampu memproduksi beragam jenis pelumas baik untuk kendaraan roda dua maupun empat, bahkan produk yang dihasilkan telah memenuhi standard internasional dan pengakuan internasional dengan memperoleh Sertifikat ISO 9001-2000.

PT Jumbo Power International telah tumbuh menjadi sebuah perusaahn kelas menengah, pertumbuhan ini terlihat dengan pertumbuhan cabang dari 4 menjadi 20 cabang di seluruh pelosok Indonesia. PT Jumbo Power International di Palembang mulai beroperasi pada tanggal 08 Januari 2001 yang terletak di Jln RE. Martadinata No 125 RT 012/007 Kel.Sei Buah. Misi dari perusahaan ini adalah ”Berjuang untuk kemajuan pelanggan melalui pendekatan hubungan dan perluasan distribusi akan kebutuhan produk energi dan otomotif”.

 

METODOLOGI

 

A. Studi Literatur

 

Untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh tentang apa yang sudah dikerjakan orang lain dan bagaimana orang mengerjakannya, bahan studi literatur antara lain buku, jurnal, paper bahkan artikel blog dari para akademisi.

B. Metodologi Iterasi

 

Metode ini mengusulkan sebuah pendekatan kepada pengembangan perangkat lunak yang dilakukan secara berulang – ulang sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

 

Analisis Permasalahan

Setelah masalah – masalah yang ada teridentifikasi dengan baik, perlu dilakukan analisis terhadap masalah – masalah tersebut. Hal ini dilakukan agar diketahui apa yang sebenarnya yang menjadi penyebab masalah dan apa yang menjadi akibat dari masalah – masalah tersebut.

Analisis Sebab dan Akibat Tujuan – tujuan Perbaikan Sistem
Masalah Sebab dan Akibat Tujuan Sistem Batasan Sistem
Performance (Kinerja)

Sedikitnya transaksi yang bisa dilakukan dalam waktu yang bersamaan..

Sebab:Belum ada aplikasi penjualan online.

Akibat:

Transaksi terbatas pada tempat dan waktu.

Untuk mempercepat proses pemesanan serta meningkatkan jumlah transaksi. Sistem menyediakan sebuah aplikasi yang bisa di akses oleh banyak orang dalam waktu yang bersamaan.
Information (Informasi)

Lambatnya penyebaran informasi kepada pelanggan sehingga menyebabkan sering kali informasi yang diterima oleh pelanggan menjadi tidak up to date

Sebab:Belum adanya sistem yang dapat memberikan informasi secara cepat dalam waktu yang singkat dengan cakupan yang luas.

Akibat:

Informasi yang diterima pelanggan tidak up to date.

Untuk mempercepat proses penyebaran informasi kepada pelanggan Sistem menyedikan layanan khusus yang dapat menampilkan informasi-informasi terbaru dari perusahaan
Economics (Ekonomi)

Pengeluaran biaya yang berlebihan dalam menjalankan proses promosi produk dimana probabilitas dalam meningkatkan tingkat penjualan masih rendah.

Sebab:Pengeluaran biaya dalam melakukan proses promosi yang kurang efektf.

Akibat: meningkatkan pengeluaran perusahaan.

Mempercepat penyebaran informasi dan meminimalisasi kan pengeluaran / biaya perusahaan. Sistem dirancang sedinamis dan semenarik sehingga pada saat terjadi perubahan pada database, data yang ditampilkan pada website akan langsung ter-updateserta untuk melakukan promosi.
Control Of Security (Kontrol Atau Keamanan) Sistem yang lama tidak memiliki kemanan data mengenai konsumen dan daftar pesanan yang dapat diubah oleh divisi atau bagian lain yang tidak berkepentingan sehingga menyebabkan data tidak akurat. Sebab:Belum adanya sistem keamanan data yang dapat menunjang penyimpanan data.

Akibat:

Data dapat diubah oleh siapa saja.

Meningkatkan keamanan data. Memberikan tingkatan hak akses tertentu pada pengguna sistem.

 

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan

Setelah menganalisa dengan menggunakan metode studi literatur dan metodologi iterasi, ternyata dihasilkan beberapa kesimpulan mengenai penerapan sistem penjualan berbasis website pada PT Jumbo Power International Palembang, yaitu :

1. Pemesanan yang dilakukan oleh pelanggan menjadi lebih mudah diakses karena menggunakan website yang pengaksesannya menggunakan jaringan internet yang mudah mudah diakses darimana saja dan oleh siapa saja tanpa terbatas waktu dan tempat.

2. Perusahaan menjadi lebih mudah dalam mengubah isi katalog sehingga dapat menghemat biaya dan waktu pencetakan serta informasi yang didapat oleh pelanggan selalu up to date.

 

Saran

Berdasarkan aplikasi yang telah dibuat, ada beberapa pertimbangan berupa saran yang dapat diterapkan bagi perusahaan yaitu :

 

1. PT Jumbo Power International Palembang disarankan untuk mengimplementasikan aplikasi ini guna mendukung proses peningkatan penjualannya.

2. Untuk bagian gudang sebaiknya dirancang juga sebuah aplikasi yang terintegritas dengan website penjualan yang dapat mempermudah dalam memproses pengecekan persediaan dan pengiriman produk ke konsumen.

3. Untuk bagian admin pada PT Jumbo Power International harus diberikan pelatihan agar dapat mengelola website ini sehingga dapat berfungsi maksimal.

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Diana, Anastasia, 2007, E-Business, Andi, Yogyakarta.

Jogiyanto, Hartono, 1999, Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur, Andi, Yogyakarta.

Leman, 1998, Metodologi Pengembangan Sistem Informasi, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Madcoms, 2006, Macromedia Dreamweaver dengan ASP, Andi Offset, Yogyakarta. 10

Mcleod, Raymond, 2004, Sistem Informasi Manajemen Edisi 8, PT Index, Jakarta.

Peranginangin, 2006, Aplikasi Web dengan PHP&MySQL, Andi Offset, Yogyakarta.

Pramono, Andi, 2005, Flash, Dreamweaver, dan PHP, Andi Offset, Yogyakarta.

Purwanto, Yudhi, 2001, Pemrograman Web dengan PHP, Elex Media Komputindo, Jakarta.

 

Ditulis Oleh

Lihat semua tulisan dari

Leave a Reply