Wadah Menulis Mahasiswa

tugas bu Nuryuliani. E-SIP part I

October 16th, 2013 | by | in Berita | No Comments

Latar Belakang
PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) adalah perusahaan yang telah menerapkan sistem informasi berbasis komputer untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Transaksi polis, transaksi investasi, data karyawan dan data akuntansi merupakan kegiatan operasional perusahaan yang telah menggunakan sistem informasi berbasis komputer, tetapi tidak semua kegiatan berbasis komputer salah satu contohnya ialah aplikasi pembuatan surat ijin pembayaran (SIP) masih dilakukan secara manual.
Untuk membuat surat ijin pembayaran tersebut membutuhkan proses yang cukup kompleks dimulai dari kelengkapan dokumen pendukung pembuatan SIP, pengecekan anggaran, proses otorisasi yang dilakukan oleh otorisator tiap divisi/bagian dan proses verifikasi yang dilakukan oleh verifikator bagian keuangan.

Proses pembuatan SIP yang dilakukan secara manual tersebut menyebabkan proses menjadi kurang efektif dan efisien, apalagi SIP yang harus dibuat sangat banyak, karena apabila terjadi kesalahan dalam pembuatan SIP maka SIP ini akan dimusnahkan secara fisik dan transaksi dimulai dari awal.
Berdasarkan pernyataan di atas maka dibuat suatu aplikasi yang disebut dengan istilah ESIP (Elektronik Surat Ijin Pembayaran). Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat SIP secara elektronik dan dapat diakses secara Dengan menggunakan aplikasi ini diharapkan proses untuk membuat SIP tidak menghabiskan waktu yang cukup lama.

selanjutnya buka link http://blog.pasca.gunadarma.ac.id/2013/10/16/workflow-sip/

Ditulis Oleh

Lihat semua tulisan dari

Leave a Reply