Wadah Menulis Mahasiswa

Problem Solving vs Decision Making

January 2nd, 2015 | by | in Headline, Manajemen | 1 Comments

Proses pemecahan masalah mempunyai pengertian yang relatif berbeda dengan proses pengambilan keputusan dilihat dari titik focusnya. Fokus dari proses pemecahan masalah terletak pada analisis yang sistematis dan komprehensif sehingga diperoleh akar masalah yang sesungguhnya sehingga dapat akar masalah tersebut dapat dikurangi atau dihilangkan. Tahap akhirnya yaitu menemukan solusi agar masalah tersebut tidak muncul lagi di masa datang. Sedangkan proses pengambilan keputusan lebih menekankan pada evaluasi berbagai alternatif sehingga dapat dipilih alternatif terbaik yang sesuai dengan tujuan atau kriteria pengambilan keputusan.

Proses pemecahan masalah selalu melibatkan proses pengambilan keputusan, namun proses pengambilan keputusan tidak selalu melibatkan proses pemecahan masalah (Office of Human Resources Management-Lousiana State University, 2014).  Jadi seorang manager dapat saja mengambil keputusan mengenai karyawan, sumber daya, atau beban kerja tanpa harus memiliki masalah. Contohnya, manajer  mengambil keputusan untuk memberikan bonus kepada karyawannya karena peningkatan keuntungan perusahaan tanpa harus diawali dengan masalah sebelumnya.  Tahap-tahap dalam proses pemecahan masalah dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Decision Making

Meskipun tahap-tahap dalam proses pengambilan keputusan relatif berbeda di antara para ahli atau lembaga, namun relatif sama dilihat dari urutan pentahapannya yaitu pencarian alternatif, pemilihan alternatif terbaik (keputusan), dan implementasi keputusan. Sauter (2010) mengutip tiga tahap utama proses pengambilan keputusan dari Herbet A. Simon, pemenang nobel ilmu ekonomi pada tahun 1978, yaitu: (1) Intelijen (Intelligence) – yang mencakup kajian lingkungan untuk mengetahui kondisi yang memerlukan pengambilan keputusan;  (2) Rancangan (Design) – mencakup menemukan, mengembangkan, dan menganalisis berbagai pilihan yang dapat diambil dan (3) Pemilihan (Choice) – yaitu pemilihan aktual dengan menentukan satu pilihan tertentu yang dianggap terbaik dari berbagai pilihan atau alternative yang tersedia.

Ditulis Oleh

Lihat semua tulisan dari

Website : http://pasca.gunadarma.ac.id/pasca

One Response to “Problem Solving vs Decision Making”

Leave a Reply