Wadah Menulis Mahasiswa

Sekilas Solvency II

January 5th, 2015 | by | in Akuntansi, Headline | No Comments

Solvency II merupakan pedoman dan standar pengelolaan dan kemampuan solvabilitas atau permodalan perusahaan asuransi di Uni Eropa. Tujuan utamanya yaitu untuk memastikan bahwa perusahaan asuransi menjaga sejumlah modal untuk mengurangi risiko solvabilitas. Pedoman Solvency II terdiri dari sekumpulan standar yang dibagi dalam 3 pilar, yaitu sebagai berikut:

  1. Valuasi Aset/Liabilitas dan persyaratan modal yang mencakup: (a) bagaimana perusahaan asuransi menilai liabilitas, termasuk pembayaran klaim; (b) Aset investasi seperti obligasi, saham, dan property; danĀ  (c) jumlah cadangan untuk menjamin pembayaran klaim saat ini dan di masa datang.
  2. Tata kelola dan manajemen risiko yang mencakup: (a) Bagaimana perusahaan asuransi dikelola; (b) Struktur bisnis asuransi; dan (c) Perusahaan mengukur, memantau dan melaporkan setiap risiko yang mereka hadapi; dan
  3. Laporan dan Pengungkapan, yang mencakup (a) menentukan informasi apa saja perlu dilaporkan oleh perusahaan asuransi; (b) Menentukan bagaimana informasi tersebut dilaporkan; dan (c) Menentukan laporan publik apa saja yang harus disediakan untuk konsumen umum dan laporan khusus yang diperlukan oleh regulator.

Solvency-II

StrukturĀ  Solvency II ini mirip dengan kerangka kerja Basel dari Bank for International Settlement yang diterapkan di industri perbankan.

(Budi Hermana)

Ditulis Oleh

Lihat semua tulisan dari

Website : http://pasca.gunadarma.ac.id/pasca

Leave a Reply