Wadah Menulis Mahasiswa

Indikator Modal Manusia Edisi 2015

November 6th, 2015 | by | in Berita, Edukasi, Headline | No Comments

Melihat peringkat HCI (Human Capital Index) Indonesia yang hanya menempati posisi ke 6 di ASEAN dan 13 di Asia seperti ditulis di sini, tentunya kita merasa khawatir, kalau tidak bisa dikatakan “malu” dengan kondisi kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Apalagi Masyarakat Ekonomi ASEAN sudah mulai diberlakukan mulai tahun depan. Lalu bagaimana agar peringkat Indonesia meningkat? Langkah awalnya adalah kita perlu mencermati indikator apa saja yang digunakan untuk mengukur indek modal manusia versi World Economic Forum.

Pengukuran HCI menggunakan dua tema utama yaitu pembelajaran (learning) dan angkatan kerja (employment) yang diukur dari sejumlah indikator. Tema dan indikator tersebut dikelompokan sesuai kelompok umur yaitu kelompok umur di bawah 15 tahun, kelompok umur 15 sampai 24 tahun, kelompok umur 25 sampai 54 tahun, kelompok umur 55 sampai 64 tahun, dan kelompok umur 65 tahun ke atas. Jumlah indikator yang digunakan adalah sebanyak 46 indikator dengan distribusi per tema dan kelompok umurnya dapat dilihat pada dua gambar di bawah ini.

Indikator HCI untuk aspek pembelajaran (WEF, 2015)

Indikator HCI untuk aspek pembelajaran (WEF, 2015)

Indikator HCI untuk aspek angkatan kerja (WEF, 2015)

Indikator HCI untuk aspek angkatan kerja (WEF, 2015)

Jadi untuk menaikkan peringkat SDM Indonesia, secara sederhananya kita harus memperbaiki semua indikator pengukuran di atas.

Ditulis Oleh

Lihat semua tulisan dari

Website : http://pasca.gunadarma.ac.id/pasca

Leave a Reply