Wadah Menulis Mahasiswa

Peringkat Webometrics Edisi Juli 2015

November 6th, 2015 | by | in Berita, Edukasi, ICT | No Comments

Webometrics secara resmi diluncurkan pada tahun 2004 dan dimutakhirkan setiap semester. Data dikumpulkan pada bulan Januari dan Juli kemudian dipublikasikan pada bulan berikutnya. Tujuan umum dari Webometrics adalah mendorong komunitas akademik mengenai pentingnya publikasi melalui web. Pada awalnya, Webometrics menggunakan empat indikator yaitu Visibility (V), Size (S), Rich Files (R), dan Scholar (Sc). Metode tersebut selanjutnya disempurnakan pada edisi-edisi berikutnya. Pada edisi terbaru yang dipublikasikan 31 Juli 2015, Webometrics menggunakan empat indikator sebagai berikut:

  1. Impact (I) menunjukkan visibilitas atau keterlihatan sebuah situs web PT di dunia maya. Indikator ini diukur dengan banyaknya tautan ke situs tersebut dari situs lain dengan menggunakan mesin pencari MajectisSEO dan ahrefs. Secara teknis, ada dua indikator yang digunakan yaitu jumlah backlink dan reffering domain dengan bobot penilaian untuk indikator ini sebesar 50%.
  2. Presence (P) adalah jumlah halaman web yang terindeks oleh mesin pencari Google dengan bobot penilaian sebesar 10%. Indikator ini secara umum menunjukkan jumlah informasi yang disajikan di sebuah website kampus. Pada edisi terbaru Juli 2015 jumlah halaman web tersebut dikurangi dengan jumlah richfile berupa file dokumen dengan format pdf.
  3. Openness (O) menunjukkan jumlah item dokumen berupa pdf yang terindeks oleh Google dengan bobot penilaian sebesar 10%. Pengukuran ini berbeda dibandingkan edisi sebelumnya yang menggunakan Google Scholar. Dokumen dengan format pdf biasanya ditempatkan dalam paper repository, ejournal, atau homepage dosen. Untuk aspek  keterbukaan ini, kampus-kampus di Indonesia mulai banyak membuat paper repository yang mendokumentasikan berbagai karya ilmiah yang biasanya disimpan dalam format pdf. Hal tersebut menyebabkan peringkat PT Indonesia untuk indikator ini relatif tinggi, bahkan masuk peringkat 100 dunia. Webometrics mengeluarkan peringkat paper repository tersendiri, yang pada edisi Juli 2015 ini menempatkan paper repository dari Undip dan IPB sebagai yang terbaik di Indonesia dan masuk peringkat 100 besar dunia.
  4. Excellence (E) yang diukur berdasarkan jumlah artikel yang terindeks di Scimago yang memuat jurnal-jurnal yang terindeks Scopus dengan tahun publikasi antara tahun 2009 sampai 2013, dengan bobot penilaian sebesar 20%. Pada indikator inilah kampus-kampus di Indonesia relatif tertinggal.  Berdasarkan peringkat Scimago Country Rank yang dapat dilihat di scimagojr.com (per 18 Agustus 2015), Indonesia menempati peringkat ke 57, atau naik dari peringkat ke-64 pada tahun 2014, dengan jumlah dokumen karya ilmiah sebanyak 32355 dukumen. Indonesia masih tertinggal dari Singapura (peringkat: 32; dokumen:192942),  Malaysia (36; 153378), dan Thailand (43; 109832).

Metode pemeringkatan Webometrics Edisi 31 Juli 2015 secara umum tidak berbeda dengan edisi tahun 2014 dilihat dari parameter penilaiannya. Peringkat sepuluh besar dunia masih didominasi oleh perguruan tinggi dari Amerika Serikat, seperti disajikan pada tabel berikut.

Top 10 Dunia Webometrics Edisi Juli 2015

Top 10 Dunia Webometrics Edisi Juli 2015

Peringkat atas untuk wilayah Asia, seperti edisi-edisi sebelumnya, tetap didominasi oleh perguruan tinggi dari Asia Timur. Lima besar Asia ditempati oleh Peking University, Seoul National University, University of Tokyo, Zhejiang University, dan National Taiwan University. Indonesia tidak menempatkan perguruan tingginya di 100 besar Asia. National University of Singapore menempati peringkat pertama di ASEAN, diikuti oleh Nanyang Technological University, Mahidol University, Kasetsart University, dan Chulalongkorn University. Indonesia menempatkan 29 perguruan tingginya di peringkat 100 besar ASEAN. UGM, ITB, dan UI hanya menempati peringkat 16, 18, dan 22 di wilayah ASEAN.

Jumlah Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia yang masuk peringkat webometrics edisi 31 Agustus 2015 adalah sebanyak 393 PT, atau menurun dibandingkan edisi Januari 2015 sebanyak 401 PT.  Hanya 2 PTS yang masuk ke 20 besar nasional yaitu Universitas Kristen Petra dan Universitas Gunadarma.

 

Ditulis Oleh

Lihat semua tulisan dari

Website : http://pasca.gunadarma.ac.id/pasca

Leave a Reply